Knowledge

Apa Itu Menari

IMG-20160807-WA0047
Para peserta Sasikirana Dance Camp sedang mengeksplorasi gerak sesuai. (Dok. Andy Ahadiat)

Banyak dari kita semua yang ingin sekali bisa menari, namun perlu diketahui sebelum kita bisa menari dan belajar menari. Marilah kita ketahui dulu apa itu definisi dari menari itu sendiri.

Pengertian dari menari adalah ungkapan persaaan atau ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan melalui gerak yang ritmis dan indah. Menari berarti memainkan tari (menggerak-gerakkan tubuh dengan irama). Menari merupkan keterampilan khusus, bahkan bakat itu menentukan kualitas tarinya. Namun, demikian bukan berarti bahwa seseorang yang kurang berbakat tidak mempunyai peluang untuk menjadi penari yang berkulitas. Karena semua ketrampilan bisa dipelajari, dilatih, dan dibiasakan.

Kita disebut menari karena memenuhi 3 unsur yang pertama, yaitu adanya unsur tenaga. Mengapa unsur tenaga ada dalam tari? Karena tari memerlukan tenaga untuk dapat menggerakannya (tubuh). Tenaga juga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ada tenaga kecil, sedang dan besar. Lalu, unsur yang kedua waktu. Unsur waktu dibagi menjadi dua bagian, ada cepat dan ada lambat. Unsur ini lah yang mudah terlihat manakala kita adalah orang awam ketika melihat tarian, ada yang gerak tariannya cepat dan lambat. Unsur yang terakhir, yaitu ruang. Ruang disini juga dibagi menjadi tiga bagian, ada ruang yang kecil, sedang dan besar.

Jadi, untuk bisa menari tidak ada batasan usia untuk bisa mempelajarinya, karena tari bukan mencangkup keindahan namun ekspresi jiwa kita sendiri.

Tinggalkan komentar